Rizman Adhi Nugraha, Orang Indonesia Pertama ke Luar Angkasa

Yohanes Adi Pamungkas | 4 Juli 2015 | 06:26 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tayangan iklan sebuah produk deodoran body spray di televisi pada 2013 menarik perhatian Rizman Adhi Nugraha (26). Tiga artis cantik yakni Aura Kasih, Vicky Shu, dan Tyas Mirasih adalah bintang iklan itu.

“Mau jadi astronot Indonesia pertama?” goda Aura. “Kami membuka jalur VIP ke luar angkasa,” timpal Tyas.

Selasa (23/6) malam  usai menjadi bintang tamu program di Metrro TV, Rizman Adhi Nugraha masih memakai pakaian khas pekerja kantoran, mengutarakan rasa bahagianya kepada Bintang. 

“Awalnya melihat iklan dan saya berpikir, siapa tahu beruntung,” bilang Rizman, yang setelah melihat iklan langsung mendaftar melalui internet. Dari Indonesia, yang mendaftar jumlahnya 82 ribu orang. “Dari 82 ribu, terpilih 40 orang untuk mengikuti proses National Space Camp di Jakarta,” sambungnya.

Pria kelahiran Bangka Belitung ini mengikuti National Space Camp dengan serius. Selama tiga hari dua malam, ketahanan fisiknya diuji. Mulai dari menuruni tali setinggi 50 meter, memanjat dinding, tes kesehatan, tes bahasa Inggris, hingga tes mengemudikan simulasi pesawat tempur. Rizman bersama Abraham Vigrana dan Muhammad Sidharta lolos dari proses berat itu dan menuju AS.

Tantangan itu menggugah ayah satu anak ini untuk mencetak sejarah sebagai orang pertama Indonesia yang terbang ke luar angkasa. 

Rizman, yang sehari-hari bekerja sebagai programmer di perusahaan swasta, mendapatkan izin dari kantornya untuk melanjutkan perjuangan ke AS bersama 107 finalis dari 62 negara di dunia. Rizwan menempuh ujian Global Space Camp di kompleks NASA. 

“Selama satu minggu, macam-macam (ujiannya). Mulai dari berada di dalam manuver pesawat tempur, mengetes inteligensi dan ingatan, simulasi melayang di udara, dan tetap latihan fisik lebih berat,” kenang Rizman yang sempat merasa mual seusai turun dari pesawat tempur SIAI Marcheti SF 260.

“Saya juga harus membaca angka lalu mengingatnya, kemudian saya melakukan manuver di mana tubuh saya diputar-putar di udara lalu setelah itu saya harus mengingat angka. Lalu saya bertindak seperti astronot, melayang di udara,” imbuhnya.

Tes ketahanan fisiknya di NASA meliputi memanjat dinding, lari cepat melewati rintangan, merangkak di bawah jaring-jaring, sit-up dan push-up, simulasi menembak, dan terakhir mengadu ketinggian lewat flying fox.

“Semuanya dilakukan dengan batasan waktu yang sudah ditentukan,” jelas Rizman. 

Desember menjelang tutup tahun 2013 lalu, jantung Rizman Adhi Nugraha berdetak lebih cepat daripada biasanya. Rizman gelisah menunggu pengumuman dari manusia bumi kedua yang berhasil mendarat ke bulan, Buzz Aldrin.

Tiba-tiba suasana Kennedy Space Center, di kompleks National Aeronautics and Space Administration (NASA), Florida, AS, mendadak riuh. Buzz Aldrin memilih 23 orang dari seluruh penjuru dunia termasuk Rizman untuk mendapatkan tiket VIP langsung menuju luar angkasa. 

“Sebenarnya saya kurang percaya diri karena dibanding dua orang lain, tubuh saya paling kecil,” canda Rizman.

(han/gur)

Penulis : Yohanes Adi Pamungkas
Editor: Yohanes Adi Pamungkas
Berita Terkait